Pj Bupati Tangerang Buka Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Kabupaten

0
164

Tangerang Kabupaten, (beritairn.com) – Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony membuka invitasi olahraga tradisional tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA sederajat Tingkat Kabupaten Tangerang di Alun-alun Tigaraksa Puspemkab Tangerang.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Andi Ony mengungkapkan rasa kagum dan bahagia menyaksikan begitu meriahnya kegiatan invitasi olahraga tradisional.

“Sungguh merupakan kebahagiaan tersendiri bagi saya dapat hadir di sini. Kenapa saya katakan seperti itu, karena kegiatan olahraga tradisional ini biasanya setahun sekali saya lihat dan itu pun tidak lengkap biasanya pada saat 17 Agustus saja itu saja sisanya tidak ada,” ungkap Pj Bupati Andi Ony.

Dia berharap kegiatan tersebut dapat menjadi agenda tetap yang secara rutin dilaksanakan. Bukan hanya berolahraga, mengolah fisik tapi juga menjaga dan melestarikan budaya. Salah satunya olahraga tradisional bola sundul yang berasal dari Kabupaten Tangerang.

“Harusnya ini dijadikan sebagai suatu agenda rutin untuk kegiatan olahraga tradisional, tidak hanya untuk acara 17-an saja. Event ini harusnya terus dibudayakan dan menjadi sebuah kebiasaan di sekolah-sekolah kita,” ujarnya.

Menurut dia, budaya kearifan lokal seperti olahraga tradisional harus terus dilestarikan dan dikembangkan. Tugas dan tanggungjawab kita semua untuk dapat melestarikan budaya kearifan lokal sehingga dapat dinikmati semua kalangan salah satunya melalui event invitasi olahraga tradisional yang saat ini dilaksanakan.

“Adalah tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk menjaga dan memajukan olahraga tradisional. Memperkenalkannya kepada masyarakat, khususnya kepada anak-anak kita agar olahraga tersebut tidak punah dan bisa tetap lestari sebagai kearifan lokal yang terus bisa kita nikmati,” tandasnya.

Dia juga mengingatkan kesiapan menghadapi Indonesia Emas 2045. Syarat Indonesia Emas itu ada tiga hal, yaitu keutuhan luas wilayah, kekayaan sumber daya alam, dan sumber daya manusia yang tangguh dan kompeten. Menurutnya, seni dan budaya merupakan kekayaan alam yang harus terus dijaga dan dilestarikan.

“Di hadapan kita sudah ada sumber daya manusia dan sumber daya alam, sumber daya alam hayati dan non hayati, salah satu adalah kebudayaan. Ini harus terus dilestarikan dan dikembangkan,” tandasnya.

Usai pembukaan investasi olahraga tradisional, Pj Bupati Andi Ony beserta rombongan melakukan peninjauan ke bazar pangan murah yang juga digelar di Alun-Alun Tigaraksa Puspemkab Tangerang.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here