28.1 C
jakarta
Monday, July 22, 2024
Home Blog

Komitmen Pilar: Dorong Wadassari jadi Destinasi Budaya Jawa Unggulan di Tangsel

0

Tangerang Selatan, (beritairn.com) – Kampung Jawa Wadassari di Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, menjadi sorotan utama dalam upaya Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk mengembangkan pariwisata berbasis budaya.

Dalam peringatan HUT Destinasi Budaya Kampung Jawa Wadassari, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan, menyampaikan harapan besar agar Wadassari menjadi destinasi budaya yang menarik dan dikenal luas.

“Tentu saja kami atas nama Pemerintah Kota Tangerang Selatan, pada kesempatan ini mengucapkan selamat kepada panitia dan seluruh masyarakat atas terselenggaranya peringatan HUT Destinasi Budaya Kampung Jawa Wadassari ini,” ujar Pilar.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan telah berupaya mengembangkan Wadassari sejak masa kepemimpinan Wali Kota Airin Rachmi Diany hingga periode pemerintahan saat ini.

Fokus utama pengembangan ini adalah agar masyarakat Tangerang Selatan, khususnya yang berdarah Jawa, dapat mencintai dan melestarikan bahasa serta tradisi Jawa.

Pilar menegaskan bahwa Wadassari memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi wisata budaya yang menarik, mirip dengan Kampung Inggris di Pare, Kediri.

“Di depan sini kita sudah saksikan ada gapura, ada pendopo, jalanannya juga kita pasang wayang. Artinya bahwa Pemerintah Kota Tangerang Selatan ini fokus untuk bagaimana Wadassari ke depannya bisa memajukan budaya Jawa,” ujar Pilar.

Dengan sekitar 50 persen masyarakat Tangerang Selatan memiliki latar belakang Jawa, pengembangan Wadassari diharapkan dapat menghidupkan kembali kecintaan terhadap budaya Jawa yang mulai pudar.

“Karena banyak yang sudah tidak mengetahui budaya Jawa. Oleh karena itu, mulai dari Wadassari kita gelorakan kembali, mudah-mudahan wayang Jawa, reog, dan lain sebagainya terus kita majukan,” kata Pilar.

Pilar mengajak masyarakat Jabodetabek dan sekitarnya untuk datang ke Wadassari dan belajar bahasa Jawa, memainkan gamelan, menikmati sanggar tari, serta mencicipi kuliner Jawa.

“Alhamdulillah warga sudah membuat homestay dengan 10 kamar. Nanti kita dorong ke depan, supaya di sini masyarakat bisa hidup dari pariwisata,” tambahnya.

Pilar juga menekankan pentingnya pengajaran bahasa Jawa kepada generasi muda agar mereka dapat memahami dan menghargai seni dan budaya Jawa.

“Jangan sampai anak-cucu bengong lihat wayang dengan bahasa Jawa karena gak tahu artinya. Nah ini penting.”

Acara ini tidak hanya memperingati berdirinya Wadassari sebagai destinasi budaya, tetapi juga sebagai langkah nyata dalam memajukan pariwisata berbasis budaya di Tangerang Selatan.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus berupaya menjadikan Wadassari sebagai pusat budaya yang hidup dan berkembang, melestarikan dan mempromosikan budaya Jawa sebagai daya tarik bagi wisatawan, serta memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.(red)

Bakesbangpol Berikan Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba bagi Pelajar SMA

0

Tangerang Kabupaten, (beritairn.com) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang terus berupaya untuk memberantas penyalahgunaan narkoba. Salah satunya dengan menggelar Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kegiatan tersebut digelar di Hotel Yasmin, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang dan diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berada di wilayah Kecamatan Panongan.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Tangerang, Rudi Lesmana, mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi pelajar terkait narkoba serta dampak negatif dari narkoba. Kegiatan ini juga merupakan salah satu langkah dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja.

“Kegiatan ini sebagai bentuk pengenalan apa itu narkoba dan bahaya narkoba kepada siswa-siswi SMA khususnya di sekitar Panongan, sehingga nantinya mereka bisa terhindar dari penyalahgunaan narkoba,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Bakesbangpol Kabupaten Tangerang juga turut menghadirkan narasumber dari BNN Provinsi Banten dan BNN Kota Tangerang dalam Sosialisasi P4GN.

Rudi berharap melalui kegiatan ini para pelajar dapat mengenali apa itu narkoba dan bahaya penggunaannya serta cara pencegahannya, sehingga dapat menekan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja, khususnya di Kabupaten Tangerang.

“Harapannya dengan kegiatan sosialisasi ini para siswa-siswi dapat memahami bahaya narkoba serta dapat menghindari narkoba. Para pelajar juga diharapkan nantinya dapat menyebarluaskan ilmu tersebut,” pungkasnya.(red)

Dr. Nurdin Berharap Koperasi Terus Berperan Meningkatkan Ekonomi Rakyat

0

Tangerang Kota, (beritairn.com) – Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin didampingi Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Herman Suwarman, hadir pada kegiatan puncak acara Hari Koperasi ke-77 Kota Tangerang tahun 2024, yang digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang.

Dalam kesempatannya, Dr Nurdin, menyampaikan apresiasinya terhadap gerakan koperasi di Kota Tangerang yang hingga saat ini terus aktif dalam pemberdayaan ekonomi rakyat.

“Dimomen Peringatan Hari Koperasi kali ini, penting untuk merefleksikan bagaimana agar peran koperasi di tanah air semakin strategis dalam menjawab tantangan ke depan. Di mana koperasi, punya andil krusial untuk melengkapi ekosistem usaha rakyat agar terus tumbuh dan berkembang,” imbuhnya.

Selain itu, dengan diluncurkannya Layanan Online Konsultasi Koperasi, Mantan Kepala Pusdatin Kemendagri tersebut, juga menyampaikan, bahwa hal ini jadi salah satu inovasi dan integrasi gerakan koperasi ke arah digitalisasi, sehingga semakin dapat dijangkau oleh semua insan koperasi di Indonesia termasuk Kota Tangerang. 

“Para insan koperasi semakin mudah dalam berkonsultasi mengenai kebutuhannya, dan diharapkan koperasi bisa benar-benar menjadi pilar ekonomi rakyat,” tambahnya. 

Pada kesempatan tersebut, Pj Wali Kota juga menyerahkan penghargaan Dekopinda Award kepada sejumlah koperasi di Kota Tangerang yang berkiprah dengan baik, serta penyerahan berbagai hadiah perlombaan. 

“Kita berharap ini bisa jadi modal untuk terus mengembangkan potensi gerakan koperasi di tengah masyarakat, yang diharapkan dapat turut meningkatkan ekonomi masyarakat,” pungkas Pj. Wali Kota.(red)

Presiden Jokowi Ajak PEA Bangun Pusat Keuangan di IKN dan Investasi di Ekosistem Kendaraan Listrik

0

Jawa Barat, (beritairn.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan hasil penting dari kunjungan kenegaraan terakhirnya ke Persatuan Emirat Arab (PEA). Bertemu Presiden PEA, Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ), Presiden Jokowi menyoroti dua isu utama yang menjadi fokus dalam peningkatan kerja sama bilateral, di samping isu-isu penting lainnya.

“Ke UEA kita hanya membahas dua hal penting, meskipun ada banyak yang lainnya,” ujar Presiden Jokowi di Stadion Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Pertama, mengenai pembangunan pusat keuangan atau financial center di Ibu Kota Nusantara (IKN). Presiden menyebut bahwa pemerintah ingin mempelajari sistem di Dubai International Financial Center (DIFC).

“Di situ ada sistemnya kita ingin tiru, rekrutnya seperti apa, membawa uang untuk bisa masuk ke financial center di Dubai seperti apa, DIFC,” ungkapnya.

Terkait hal tersebut, Presiden mengungkapkan bahwa telah ditandatangani sebuah nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan DIFC. “Artinya financial center yang di IKN ini nanti akan kita harapkan segera dibentuk dan segera bisa berjalan,” tambahny.

Isu kedua yang ditekankan adalah kerja sama dalam sektor nikel, yang mencakup seluruh rantai nilai dari hulu hingga hilir—mulai dari pertambangan, produksi katode dan prekursor, pembuatan baterai kendaraan listrik, hingga kendaraan listrik itu sendiri. Selain PEA dan Indonesia, akan ada dua negara lain yang saat ini tengah didekati untuk bekerja sama.

“Kalau ini berhasil, kita harapkan bisa menguasai pasar 80-85 persen pasar dunia, itu yang kita harapkan,” jelasnya.

Kerja sama tersebut menekankan pentingnya kolaborasi internasional dalam menguatkan posisi Indonesia di pasar global, khususnya dalam industri yang sedang berkembang pesat seperti kendaraan listrik dan teknologi baterai.(red)

Menuju Tangsel Marathon 2024, Benyamin Berpesan untuk Siapkan Diri

0

Tangerang Selatan, (beritairn.com) – Gelaran Road to Tangsel Marathon 2024 terus berlanjut. Kali ini memasuki kecamatan yang keenam, yakni Kecamatan Ciputat. Ajang ini sebagai persiapan menuju gelaran berskala nasional Tangsel Marathon 2024.

Ribuan peserta Road to Tangsel Marathon di Kecamatan Ciputat dilepas oleh Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie.

“Alhamdulillah pagi ini kita ikuti Road to Tangsel Marathon. Nanti Tangsel Marathonnya kira-kira di bulan Desember. Siapkan diri kalian semua ya,” ucap Benyamin.

Dijelaskan olehnya, Tangsel Marathon 2024 akan digelar di berbagai kategori. Mulai dari 3 km, 5 km, 10 km, half marathon 21 km dan marathon 42 km.

“Ini buat pemanasan untuk menyambut Tangsel Marathonnya ya, ajang berskala nasional yang ketiga kalinya nanti akan kita gelar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Tangsel, Mursinah mengatakan, Road to Tangsel Marathon 2024 telah dilaksanakan di enam kecamatan.

Enam kecamatan tersebut, Pondok Aren, Serpong, Pamulang, Ciputat Timur, Setu, dan hari ini Ciputat. Tersisa satu kecamatan lagi yakni Kecamatan Serpong Utara sebagai penutup rangkaian Road to Tangsel Marathon di tanggal 28 Juli 2024.

Lebih lanjut, kata Mursinah, peserta Road to Tangsel Marathon di Kecamatan Ciputat diikuti kurang lebih 1.500 peserta.

“Alhamdulillah hari ini cuaca cerah, ini kita menuju Tangsel Marathon 2024. Ini agenda Kota Tangerang Selatan yang terus dan terus akan kita selenggarakan,” tutupnya.(red)

Pj. Bupati Bogor Mengikuti Arahan Mendagri pada Rakor Kepala Daerah Se-Jabar

0

Bogor, (beritairn.com) – Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengikuti arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tito Karnavian pada rapat koordinasi Kepala Daerah se-Jawa Barat, di Aula Barat Gedung Sate, Bandung. Rakor tersebut dalam rangka akselerasi indikator strategis pembangunan Jawa Barat.

Hadir pada rakor tersebut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, jajaran Forkopimda Jawa Barat, para Kepala Daerah se-Jawa Barat, kepala perangkat daerah lingkup provinsi, dan kabupaten kota di Jawa Barat.

Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu hadir mengikuti arahan Mendagri bersama para bupati dan walikota se-Jawa Barat. Asmawa didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang), Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem), dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Dalam arahannya, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian menjelaskan, tujuan rakor ini dalam rangka mengakselerasi pembangunan di Jawa Barat. Dimana hal yang paling prinsip adalah bagaiamana APBD dapat dikelola dengan baik.

“Semua kepala daerah harus memiliki cara berpikir tentang mengelola APBD dengan baik sebagai langkah awal, jika hal ini saja salah berikutnya akan banyak kesalahan,” jelas Tito.

Tito menuturkan, anggaran baik di pemerintah pusat maupun daerah fungsinya hanya dua, pertama untuk menciptakan pemberdayaan masyarakat, meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Kedua, yakni memancing agar ada peredaran uang di tengah masyarakat.

“Selanjutnya gunakan strategi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) salah satunya dengan menghidupkan swasta lewat iklim investasi yang kondusif, pemberian insentif, permudah perizinan, termasuk menghadirkan Mall Pelayanan Publik (MPP),” tutur Tito.

Tito berpesan, kepala daerah jangan hanya punya mindset sebagai birokrat saja, tapi juga harus punya pola pikir sebagai enterpreneur di tengah otonomi daerah.

Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin menerangkan, sinergi antar daerah mulai dari level kabupaten kota hingga desa dan kelurahan menjadi kunci untuk mewujudkan akselerasi indikator strategis pembangunan di Jawa Barat.

“Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk terus meningkatkan capaian makro pembangunan melalui strategi shadow target,” terang Bey.

Bey menambahkan, dirinya juga mengajak bupati walikota se-Jawa Barat untuk terus berkomitmen mengejar capaian indikator makro pembangunan daerah.(red)

Pemkot Tangsel Gelar Gebyar Koperasi dan UMKM 2024, Benyamin: Bentuk Dukungan ke Pelaku Usaha

0

Tangerang Selatan, (beritairn.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Gebyar Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Tangsel 2024. Gelaran yang menyita perhatian para pelaku UMKM ini digelar di Lapangan Rempoa, Ciputat Timur.

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan Gebyar Koperasi dan UMKM ini sebagai puncak dukungan dari apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan kepada para pelaku usaha.

Berbagai kesempatan hingga pelatihan diberikan oleh Pemkot Tangsel kepada pelaku koperasi dan UMKM. Mulai dari pelatihan produk, digital marketing, pelatihan pengemasan dan masih banyak lainnya.

“Kita tahu bahwa ekonomi di Tangerang Selatan itu ditopang oleh perputaran ekonomi yang dilakukan oleh para pelaku UMKM,” ucap Benyamin.

Atas hal itulah kata Benyamin, Pemkot Tangsel terus memberikan prioritas penting terhadap para pelaku koperasi dan UMKM.

“Seperti ini juga ada bazar jadi mempertemukan penjual dan pembeli. Banyak ke depan kegiatan-kegiatan kita yang pastinya melibatkan pelaku UMKM, seperti 17an, HUT Tangsel dan lain sebagainya,” ujarnya.

Inilah kata Benyamin sebagai bentuk dukungan agar para pelaku koperasi dan UMKM bisa terus berkembang. Bahkan menjadi tulang punggung ekonomi di Tangerang Selatan.

“Populasi UMKM di Tangsel sangat dominan, terutama 3 produk ya. Pertama kuliner, fesyen dan craft. Sekarang ini kita bisa lihat dimana-mana. Ini yang ada di Tangerang Selatan,” tuturnya.

Sementara itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tangsel, Bachtiar Priyambodo, kegiatan ini sebagai bentuk komitmen Dinkop UKM Tangsel dalam memberikan ruang, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku koperasi dan UMKM.

“Bahkan memperluas jaringan kerja sama, mendorong inovasi dan kreativitas, lalu memperkuat ekonomi lokal dengan menggerakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah,” ujarnya.

Dimana berbagai kegiatan dilakukan, mulai dari bazar pameran produk pelaku koperasi dan UMKM dengan total 35 tenant. Lalu, talkshow dengan pembahasan pengembangan entrepreneur.

“Juga diserahkan secara simbolis oleh Pak Wali Kota bantuan sarana dan prasarana UMKM berupa gerobak untuk para pelaku UMKM di Kecamatan Ciputat Timur,” ucapnya.

Serta diberikan penghargaan untuk koperasi sehat, sertifikasi halal, sertifikat BNSP dan pemberian penghargaan digital koperasi.(red)

Saksikan Laga Perdana Piala Presiden 2024, Presiden Jokowi: Makin Banyak Kompetisi, Makin Baik

0

Jawa Barat, (beritairn.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyaksikan laga perdana pembukaan turnamen sepak bola Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Laga mempertemukan Persib Bandung melawan PSM Makassar.

Dalam keterangannya usai pertandingan, Presiden menyebut bahwa banyaknya kompetisi yang digelar akan menambah kualitas dan kemampuan sebuah tim sepak bola.

“Makin banyak kompetisi, makin baik. Ada kompetisi di Liga 1, Liga 2, ada kompetisi di SSB, ada kompetisi amatir, ada kompetisi di FIFA, kompetisi di AFC, kompetisi di AFF, makin banyak ikut kompetisi makin baik untuk sebuah tim,” ujar Presiden.

Lebih lanjut, Presiden mengatakan bahwa saat ini persepakbolaan di Tanah Air sudah berjalan dengan baik. Turnamen Piala Presiden pun menambah kuantitas kompetisi sepak bola nasional.

“Sekarang saya melihat semuanya berjalan dengan baik, ditambah lagi Piala Presiden. Ini akan makin banyak kompetisi, makin baik,” ungkap Presiden.

Presiden juga berharap kompetisi serupa akan terus digelar di masa mendatang. Ia berharap ada keberlanjutan terhadap gelaran turnamen Piala Presiden.

Untuk diketahui, turnamen pramusim Piala Presiden 2024 dibuka dengan mempertemukan kesebelasan Persib Bandung melawan PSM Makassar. Laga perdana di Grup A tersebut dimenangkan oleh Persib Bandung dengan skor 2-0.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Ketua Steering Committee Piala Presiden tahun 2024 Maruarar Sirait, dan Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.(red)

Jelang Pilkada, Pj Bupati Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas Wilayah

0

Tangerang Kabupaten, (beritairn.com) – Menjelang Pilkada Serentak 2024, Pj Bupati Tangerang Andi Ony meminta seluruh masyarakat menjaga kondusifitas wilayah. Hal tersebut diungkapkan PJ Bupati pada acara Jum’at Keliling (Jumling) di Masjid Jami’ Darussalam Desa Kadu Sirung Kecamatan Pagedangan.

“Jelang Pilkada serentak pada bulan November nanti, mari kita jaga kondusifitas wilayah, sehingga  pelaksanaan Pilkada nanti dapat berjalan tertib, aman, damai dan lancar” kata Pj Bupati Andi Ony.

Dia mengatakan, Pemkab Tangerang berkomitmen terus meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat sebagaimana visi dan misi daerah, termasuk dalam hal ini adalah meningkatkan kualitas kehidupan beragama bagi umat muslim yang ada di Kabupaten Tangerang. 

Menurut dia, Jum’at keliling (Jumling) yang juga dihadiri oleh perwakilan unsur Forkopimda dan para kepala OPD tidak hanya menguatkan tali silahturahmi, namun juga menyerap langsung aspirasi masyarakat.

“Kami sangat mendukung kegiatan Jumling. Ini merupakan kegiatan spiritual maupun moral yang ada di setiap wilayah Kabupaten Tangerang, untuk bisa terjun ke wilayah secara langsung, bersilaturahmi dan mendengar aspirasi masyarakat,” ungkapnya.

Menurut dia, kerukunan dan keharmonisan yang diwujudkan dalam sikap saling menghormati dan saling menolong dan gotong-royong merupakan aspek yang perlu terus dijaga dan dipupuk terus. 

Keberagaman dan perbedaan adalah sebuah kewajaran dalam suatu wilayah yang berkembang pesat dan heterogen. Untuk itu, ia berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tetap bersatu, menjaga stabilitas dan kondusifitas meskipun terjadi perbedaan, khususnya perbedaan pilihan.

“Mari kita jaga persatuan dan kesatuan, jaga kondusifitas dan stabilitas di wilayah kita. Silakan pilih pemimpin daerah, bupati sesuai hati nurani masing-masing. Beda pilihan itu hal yang wajar, tapi itu semua janganlah merusak persaudaraan kita semua,” serunya.

Kegiatan Jumling Pemkab Tangerang terdiri dari 10 Tim yang bertugas serentak pada 19 Juli 2024 di 10 kecamatan, di antaranya: Kecamatan Pagedangan, Cisauk, Jambe, Teluknaga, Balaraja, Jayanti, Panongan, Sukadiri, Pasar Kemis dan Kecamatan Solear.(red)

Naik Whoosh ke Bandung, Presiden dan Ibu Iriana akan Buka Piala Presiden 2024

0

Jakarta, (beritairn.com) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Jawa Barat. Pada kunjungan kali ini, Kepala Negara dan rombongan menggunakan moda transportasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana disambut Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Didiek Hartantyo, dan Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi.

Presiden dan Ibu Iriana kemudian langsung menuju lantai 2 untuk menempelkan kartu di portal masuk, dilanjutkan naik ke peron di lantai 3. Presiden dan Ibu Iriana tampak duduk di gerbong pertama kereta dengan nomor perjalanan G5901 tujuan Stasiun Halim hingga Stasiun Tegalluar.

“Di Jawa Barat, Presiden dan Ibu Iriana diagendakan untuk melakukan peresmian turnamen sepak bola Piala Presiden Tahun 2024 yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung,” ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana dalam keterangan tertulis.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kunjungan kerja ini di antaranya Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.(red)