Dinkop Tangsel Gelar Sosialisasi Pendampingan Koperasi Menuju RAT

0
274

Tangerang Selatan, (beritairn.com) – Dinas Koperasi (Dinkop) dan UKM Kota Tangsel menggelar sosialisasi “Pendampingan Koperasi Menuju Rapat Anggota Tahunan (RAT)” di Trembesi Hotel BSD.

Dihadiri oleh 35 Koperasi di Tangsel, seminar ini menghadirkan bebeapa narasumber, diantaranya ASDA II Tangsel Ir. Dandy Pryantara, MT, Kadinkop Tangsel Drs. H. Warman Syanudin, MM, Kabid Pemberdayaan Koperasi Dra. Hj. Muji Rahayu, M.Si, dan Lembaga Pendidikan Perkoperasian Nasional (Lapenkopnas) Fredy Antonie, SE.

Kadinkop Tangsel, Warman Syanudin mengatakan bahwa tujuan diadakannya seminar ini, guna menciptakan pemahaman yang utuh dikalangan pengurus koperasi terhadap kelembagaan koperasi.

 

“Selain menciptakan pemahaman yang utuh, seminar ini diadakan agar mendapatkan pemahaman terhadap jati diri dan pengimplementasian koperasi, yang akan menentukan kualitas hasil kerja pengurus,” ungkap Warman, ditulis Sabtu (26/11/22).

Menurut Warman, koperasi diharuskan setidaknya dalam setahun sekali mengadakan RAT.

Dalam RAT, ucap Warman, pengurus perlu menyampaikan Lembar Pertanggung Jawaban (LPJ) dan program kerja kepada para anggota oleh pengurus dan pengawas.

“Sekarang kan sudah November, sedangkan RAT dimulai Januari 2023, mereka (koperasi) perlu persiapan untuk masa akhir pembukuan 2022. Jadi dicicil, jangan sampai nanti di Bulan Desember baru nanti baru sibuk,” terangnya.

“Kalau program kerja, dilihat dulu apa yang menjadi fokusnya. Misal, fokus penambahan anggota agar mendapatkan penambahan permodalan. Karena kalau nambah anggota, simpanan wajib dan simpanan pokok nya kan bertambah,” tambahnya.

Perlu diketahui, sosialisasi pendampingan koperasi yang diadakan Dinkop ini, dilaksanakan rutin tiap tahunnya dengan cara berjenjang terhadap 546 koperasi yang ada di Tangsel.

“Yang datang pada sosialisasi ini hanya perwakilan, yang lainnya dikasih pedoman tentang cara penyelenggaraan RAT,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here