Meski Terbaik dalam Pengadaan Barang/Jasa, Pemkot Tangerang Akan Terus Mengevaluasi

0
146

Tangerang Kota, (beritairn.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang meraih penghargaan sebagai peringkat pertama Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Proaktif 2023, Kategori Kota dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), dalam acara Rapat Koordinasi UKPBJ Proaktif Tahun 2023.

Penghargaan yang merupakan prestasi ke-12 di tahun 2023 ini, diserahkan langsung oleh Kepala LKPP, Hendrar Prihadi, kepada Wali Kota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah.

Arief, mengungkapkan, diraihnya penghargaan dari LKPP, merupakan buah dari evaluasi yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang di bidang barang dan jasa. Di mana pada tahun 2022, berdasarkan evaluasi dari LKPP mendapatkan predikat sangat baik, serta menjadikan Kota Tangerang sebagai juara pertama dibanding 500 pemerintah kota lain di Indonesia.

“Pertanggal 31 Oktober 2022, dari tujuh indikator yang dinilai, Pemkot mendapatkan nilai 91,3,” beber wali kota usai acara penyerahan penghargaan di Hotel Westin, Jakarta.

Di tahun 2023, wali kota, menjabarkan penilaian dilakukan dengan memperhatikan tujuh indikator, diantaranya pengumuman Sirup, E-Tendering, E-Purchasing, Non Tendering, E-Kontrak, kualifikasi dan kompetensi SDM PBJ, serta tingkat kematangan UKPBJ.

“Dan hasilnya di tahun 2023, nilainya 93,4 atau sangat baik,” terangnya.

Kendati telah meraih urutan pertama, lanjut Arief, Pemkot Tangerang akan terus melakukan evaluasi dan juga perbaikan hingga proses pengadaan barang dan jasa senantiasa berlangsung optimal.

“Semoga bisa menjadi lebih baik lagi untuk tahun berikutnya,” pungkas wali kota.

Sebagai informasi, UKPBJ Proaktif merupakan UKPBJ berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pemangku kepentingan melalui kolaborasi penguatan fungsi perencanaan dengan pemangku kepentingan. Dan pada tahun 2023, ada 64 pemerintah daerah dari 546 pemerintah daerah telah mencapai level tiga (proaktif). (red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here