Virtual Job Fair, 1.686 Pencaker Telah Terserap

0
153

Tangerang Kota, (beritairn.com) – Sebagai upaya mengurangi angka pengangguran dan untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat Kota Tangerang di tengah pandemi Covid-19. Dinas ketenagakerjaan Kota Tangerang terus berinovasi dalam penghadirkan program – program unggulannya. Seperti hadirnya Balai Latihan Kerja (BLK) dan Virtual Job Fair.

“Di saat pandemi seperti saat ini memang angka pengangguran mengalami kenaikan yang sebelumnya 7,1% atau setara 79.041 jiwa, kini menjadi 8,63% atau setara 97.344 jiwa. Hal ini tentunya menjadi perhatian kami dengan membentuk tim khusus untuk melangsungkan program tersebut,” ujar Rakhmansyah.

Di tahun 2021, Rakhmansyah menyebutkan, Disnaker membuka tujuh kelas pelatihan. Mulai dari menjahit, desain grafis, komputer, montir sepeda motor, tata boga, perhotelan hingga teknik pendingin. Sedangkan untuk Virtual Job Fair dilaksanakan rutin setiap bulannya melalui channel Youtube Kota Tangerang.

“BLK tetap kita laksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat seperti kita bagi menjadi dua bagian dalam satu kelas, cuman karena ini masih dalam PPKM kita liburkan dulu. Dan untuk Virtual Job Fair, kita lakukan pertama kali di pertengahan pandemi 2020 sampai saat ini. Alhamdulillah respon dari pencaker ataupun pelamar sangat baik” kata dia.

Hal tersebut ditandai dengan banyaknya perusahaan dan lowongan pekerjaan yang mengikuti pelaksanaan Virtual Job Fair ini. Sampai bulan Juni saja Disnaker mencatat terdapat 197 perusahaan yang berdomisili baik di dalam maupun di luar Kota Tangerang.

“Kalo untuk lowongan setiap live Job Fair bervariatif ya ada yang 1000 sampai 4000. Kalo dikalkulasikan sudah ada 15.881 lowongan pekerjaan. Dan yang sudah terserap untuk warga Kota Tangerang sudah 1.686 orang,” lanjutnya.

Dirinya pun mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk mengikuti Virtual Job Fair yang dilaksanakan setiap bulannya,”Saya mengajak kepada masyarakat yang memang terdampak akibat pandemi ataupun yang baru lulus sekolah untuk mengikuti Job Fair ini, karena sangat mudah sekali, cukup di rumah saja, download aplikasi Tangerang LIVE masyarakat bisa melakukan proses pelamaran,” pungkasnya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here